Hock Chuan dan Swan Oey

Ditulis oleh Agem

Cuaca cerah pagi hari menemani saat melintas freeway 580 East menuju daerah San Ramon. Hangatnya sinar matahari meletupkan semangat saya berkendara menuju rumah pasangan sepuh WKICU yang akrab kita sapa Om Hock Chuan dan Tante Swan. Sudah lama team ebulletin ingin menulis kisah dan perjalanan hidup pasangan bersahaja ini. Team ebulletin yakin, apapun cerita tentang mereka selalu akan menarik dan sangat meng-inspirasi.

Jam menunjukkan pukul 10 pagi. Mobil meluncur pelan memasuki daerah perumahan yang tampak hijau di kanan-kiri jalannya. Mata saya melirik layar The Global Positioning System (GPS) yang terpasang di dashboard mobil sambil sesekali memperhatikan nomor rumah tujuan.

……………..“The destination is on your right…” terdengar suara perempuan dari si-mesin pintar itu. Apa selalu suara seorang perempuan yang keluar? Entahlah

Saya angkat kaki dari pedal gas mengurangi laju kendaraan, nomor rumah tujuan sudah terlihat. Saya berhenti di depan halaman yang terlihat asri. Dari dalam mobil tampak seseorang membuka pintu rumah lebar-lebar.  Tante Swan muncul dengan wajah yang cerah penuh senyum. Di belakangnya berdiri sang suami, Om Hock Chuan dengan senyum tak kalah cerah. Dalam sekejap saya sudah turun mobil menemui mereka dan saling bertegur salam, bertanya kabar dan kemudian kami bertiga masuk ke dalam rumah menuju ruang tamu. Di situ ada sofa putih bersih dan rapih. Mata saya sempat melihat sekeliling ruangan sebelum duduk manis. Terlihat furniture, hiasan dan ornament di rumah itu tertata apik, tidak ada yang tidak sesuai pada tempatnya. Semua begitu serasi. ––“Pasti repot dan capek sekali mengurus rumah tetap rapih kayak gini,” gumam saya dalam hati.

***

Perbincangan kami di ruang tamu pagi itu terasa akrab dan hangat. Tante Swan menjadi juru bicara dalam obrolan hari itu. Beliau-lah yang lebih banyak bercerita dan memberikan penjelasan. Seperti sudah siap dengan arah wawancara, Tante Swan juga telah menyiapkan beberapa photo kenangan yang akan semakin memperkuat cerita hidup mereka. Om Hock Chuan yang duduk bersama di ruangan itu, dalam perbincangan lebih hanya meng-iya-kan dan menambahkan sedikit keterangan yang masih beliau ingat. Om sedikit kesulitan mengingat dan menangkap pertanyaan saya oleh karena di usianya yang menjelang 89 tahun itu pendengaran beliau sudah kurang mendukung. Beruntung bahwa sang istri sudah menemani beliau selama 53 tahun. Segala peristiwa dan jalan hidup sang suami adalah jalan dan cerita hidupnya juga. ––“Mereka telah menjadi satu, bukan lagi dua.”–– Matius 19:6

Dalam pertemuan itu saya melihat wajah Om Hock Chuan berbinar mengingat segala kenangan, sesekali menerawang membayangkan masa-masa ketika cerita itu terjadi. Saya duduk berdampingan dengan Om di sofa panjang. Saya melihat beliau begitu asyik mendengarkan sang istri merangkai setiap kenangan hidup mereka. Dari sofa seberang yang berhadap-hadapan – dibatasi meja kaca bening bertaplak putih pada bagian tengahnya– tampak Tante Swan sesekali memandang dan bertanya kepada sang suami untuk lebih meyakinkan cerita.

Om Hock Chuan yang duduk di sebelah saya adalah pria ramah baik hati dan murah senyum. Selain juga seorang deacon beliau adalah salah satu pentolan pendiri kelompok Katolik Indonesia California Utara (WKICU). Beliau memiliki nama lengkap Hock Chuan Oey. Lahir di Caracas, sebuah desa kecil di Jawa Barat pada 18 Februari 1934. Lulusan biochemistry sebuah perguruan tinggi negeri terkenal di Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Hock Chuan Oey adalah anak pertama dari enam bersaudara (tiga laki-laki dan tiga saudari perempuan). Hanya beliau sendiri yang hijrah ke Amerika sementara orang tua dan kelima adiknya tetap berada di Cirebon, Jawa barat.

***

**Pertemuan yang merubah jalan hidup.

Menurut cerita, yang dijelaskan oleh sang istri dan dibenarkan oleh Hock Chuan sendiri, mereka berada di Amerika ini hanya karena kejadian biasa. Kejadian biasa yang kemudian menuntun mereka ke jalan hidup yang luar biasa.

Kisah ini dimulai dari mengantar seorang teman baik Hock Chuan ke airport untuk kembali pulang ke Utah, Amerika setelah kunjungannya ke Bandung. Dalam perjalanan itu terjadi percakapan diantara dua orang sahabat.

“Kamu enak yah bisa tinggal, berkarier dan hidup di Amerika,” tanya Hock Chuan kepada sahabatnya itu.

“Loh, kamu bisa saja ke Amerika kalau mau. Kamu seorang biochemist dan punya pengalaman di laboratorium. Kenapa nggak?” ujar sahabatnya itu.

“Kamu-kan sudah punya rumah sendiri? Kalau itu dijual, cukup untuk modal ke Amerika,” sambungnya lagi.

Dari percakapan sepanjang jalan ke bandara itu Hock Chuan muda merasa jadi sangat bersemangat dan terbangkitkan impiannya. Sebagai anak muda yang memang menyukai tantangan, pekerja keras, ulet dan punya impian besar Hock Chuan tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mencoba saran itu. Dengan modal nekat dan tekad beberapa hari kemudian, dari desanya Caracas beliau lari ke Jakarta menuju Kedutaan Besar Amerika untuk mengajukan visa immigrasi. Berbekal ilmu biochemistry yang didapat dari ITB tempatnya kuliah serta pengalaman kerjanya di laboratorium penelitian selama beberapa tahun setelah kelulusannya – dan tentunya ditambah saran menjual rumah sebagai modal – Hock Chuan muda melangkah dengan pasti.

**Asam di gunung dan garam di laut, bersatu dalam belanga.

“Enam bulan kemudian pengajuan visa itu diterima,” terang Tante Swan membuka cerita.

Harapan terbentang luas bagi Hock Chuan muda. Kabar gembira segera menyeruak dalam keluarga, tetapi kegembiraan itu rupanya tidak dirasakan oleh seluruh keluarga. Kegembiraan itu hadir bersamaan dengan ganjalan dalam hati sang Ibu. Hock Chuan, sebagai putra pertama ini terlalu sibuk belajar dan bekerja hingga di usianya yang sudah kepala tiga (baca usia 30-an) belum juga menemukan pasangan hidup. Sang ibu pun menyarankan Hock Chuan sebaiknya menikah dahulu sebelum berangkat ke Amerika.

Swan Oey lahir pada 11 November 1948 di Surabaya, Jawa Timur dengan nama asli Swan Hoo, yang kemudian mendapat tambahan nama Oey dibelakangnya setelah menikah. Beliau lahir dan besar di pusat kota Surabaya, tepatnya di sekitar Jembatan Merah yang bersejarah itu.

Swan Hoo adalah anak bontot dari lima (5) bersaudara. Salah satu saudaranya meninggal sejak kecil dan Swan Hoo hidup dengan tiga saudara perempuan dan satu laki-laki.

“Sebetulnya saya lima bersaudara tetapi yang nomor tiga meninggal. Kakak pertama saya laki-laki tidak tinggal bersama kami sejak lahir. Waktu Ibu saya akan melahirkan anak pertama mengalami masalah, dokter memberikan pilihan sulit. Dia bilang, anaknya yang mati atau mama yang mati. Yah, tentu saja Ayah saya berharap kalau bisa dua-duanya jangan mati,” cerita Tante Swan.

Baik mama atau kakak laki-lakinya berhasil diselamatkan tetapi sebagai gantinya, dan mengikuti kepercayaan orang tionghoa umumnya, kakaknya harus diberikan kepada keluarga lain, maka jadilah sang kakak diasuh oleh nenek –mama dari Ibunya Tante Swan– dan dianggap sebagai anak.

“Kakak pertama saya memanggil mamanya dengan sebutan tante,” jelasnya sambil tertawa.

Kemudian kakaknya yang nomor dua lahir, seorang perempuan. Diceritakan Tante Swan bahwa kakak nomor duanya ini adalah kesayangan ayahnya. Lalu lahir anak ke tiga tetapi kemudian meninggal. Setelah itu lahir kakak nomor 4, laki-laki dan dia menjadi anak kesayangan sang Ibu.

“Tinggal saya yang paling bontot tidak kebagian apa-apa. Orang sering bilang bahwa anak bontot itu paling disayang. No way, no way. —Ayah saya bilang ke saya; kamu adalah satu-satunya anak yang kita tidak kasih apa-apa — Rasanya mau nangis waktu itu tetapi saya malah mengatakan; “Pah, jangan khawatir, doa restunya saja. Doa restu papa sudah cukup…,” kenang Tante Swan dengan mata berkaca-kaca.

Tante Swan berhenti sejenak ketika menceritakan kisah masa lalunya. Om Hock Chuan yang duduk disamping saya melihat wajah sang istri dengan tatapan lembut.

“Saya kenal si Om dari kakak perempuan saya yang nomor dua, Lien. Mereka satu angkatan dan kebetulan mengambil jurusan yang sama di ITB. Kalau main ke tempat kakak di Bandung, saya sering bertemu dengan si Om. Dan memang akhirnya saya tinggal di rumah kakak saya untuk membantu mengurus anaknya” lanjut Tante Swan.

“Jalan Tuhan itu memang luar biasa. Setelah pengajuan imigrasi ke kedutaan Amerika diterima, Om langsung memasukkan nama saya ke dalam permohonan visa. Waktu itu padahal kita belum menikah tetapi tanpa kesulitan dan hambatan penambahan nama saya langsung disetujui kedutaan. Maka itu saya bilang, ini memang sudah jalannya Tuhan,” terang Tante Swan penuh keyakinan.

Pasangan ini kemudian menikah di bulan Desember tahun 1970 di Surabaya dan tidak sampai satu tahun berselang mereka berangkat ke Amerika tepatnya di bulan Mei, tahun 1971.

***

**Menjalin kisah hidup di Amerika.

Bagi Hock Chuan Oey, Amerika adalah harapan masa depan keluarga yang akan mereka bina, terutama untuk pekerjaan dan karir beliau sebagai peneliti di laboratorium dan juga masa depan anak yang mereka harapkan kelak.

Mereka masuk melalui Hawaii dan mendapatkan green card dari sana, kemudian dari Hawaii mereka terbang ke Los Angeles.

“Saya gak tahu kenapa harus masuk lewat Hawaii dulu. Pokoknya port of entry kita waktu itu di Hawaii,” jelas tante Swan.

Meski sudah mengantongi green card dan masuk resmi dengan lancar tidak berarti perjuangan hidup mereka tanpa rintangan. Sesampai di Los Angeles, harapan Hock Chuan untuk bisa bersekolah di Medical Technologies kandas. Sekolah ini adalah satu-satunya harapannya karena dengan bersekolah di sana berarti Hock Chuan dapat menimba ilmu secara gratis sekaligus mendapat bayaran karena mereka juga mempekerjakan para pelajar di laboratorium milik sekolah itu.

“Saya sudah telat mendaftar waku itu, dan kalau mau masuk harus nunggu pembukaan berikutnya, tiga tahun lagi. Om bisa-nya cuma kerja di bidang itu, di laboratorium. Kita gak bisa nunggu begitu lama. Bagaimana membiayai hidup?” Om Hock Chuan dengan wajah serius menjelaskan.

Tante Swan menambahkan. “Kalau masuk sekolah itu tidak bayar, malah si om dibayar. Ada gajinya karena sekaligus kerja di rumah sakit sekolah itu.”

Tutupnya pendaftaran sekolah yang diidamkan menjadi batu hambatan pertama pupusnya harapan tinggal di California. California adalah tujuan dan tempat impian mereka untuk memulai hidup baru di Amerika, saat itu Los Angeles seperti menutup pintu bagi kedatangan mereka.

Tidak mau menunggu tiga tahun untuk apa yang ingin diraih sang suami, Swan teringat akan sang kakak perempuan nomor duanya, Lien yang mempertemukan mereka. Diceritakan pula oleh Tante Swan bahwa kakak perempuannya ini, setelah lulus kuliah kemudian menikah dengan seorang dokter yang bertugas di kepolisian dan mereka menetap di Bandung. Beliau dan suaminya ini pernah mengajukan visa ke Amerika tetapi ditolak.

“Waktu itu kalau mengajukan visa berdasarkan profesi, kakak saya dan suaminya menggunakan profesi suami sebagai dokter. Mereka ditolak karena sudah banyak dokter. Kemudian kakak saya mencoba lagi dengan menggunakan profesinya sebagai seorang biochemist, eh… akhirnya malah diterima. Mereka berdua berangkat ke Amerika dan tinggal di Texas satu tahun lebih dulu dari kita,” jelas Tante lagi.

“Kita itu gak bawa uang banyak waktu ke sini. Kalau dibandingkan kakak perempuan saya dan suaminya yang dokter, uang kita gak ada apa-apanya,” sambung Tante Swan sambil tersenyum.

Sewaktu menerima telpon dari tante Swan, sang kakak menjelaskan bahwa di Texas juga ada sekolah Medical Technologies seperti di LA. Gratis tidak dipungut bayaran akan tetapi mereka tidak mempekerjakan para pelajarnya sehingga tidak ada gaji atau bayaran bagi mereka yang bersekolah di situ. Sang kakak lantas juga berbaik hati menawarkan mereka untuk tinggal di rumahnya dan menyarankan Hock Chuan untuk melamar ke rumah sakit tempat dia dan suaminya bekerja karena di sana masih butuh biochemist. Hock Chuan pun kemudian dapat bekerja di rumah sakit itu sambil melanjutkan sekolah memperdalam ilmu yang digelutinya. Saat itu Swan Oey dengan setia menemani dan mengurus sang suami sekaligus membantu sang kakak mengurus rumah.

Selang tiga belas bulan kemudian Hock Chuan dan Swan Oey memutuskan untuk menyewa apartement dan hidup mandiri. Mereka menyewa sebuah apartment sederhana di downtown Texas. Swan mengambil kesempatan itu untuk mencari pekerjaan di sebuah perusahaan pembuat pakaian yang men-supply celana untuk JC Penney.

“Om selalu bilang kalau cari apartement itu jangan yang sewanya mahal karena kalau sewa berarti uang hilang. Kita cari yang paling murah agar ada uang yang bisa ditabung untuk beli rumah,” kata tante mengenang ucapan suaminya.

Dengan prinsip kuat dan kerja keras akhirnya mereka mampu membeli rumah di Texas tahun 1973. Rumah idaman seharga $28.000 (dua puluh delapan ribu dolar) dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi menjadi milik mereka. Di rumah itu, James Howard Oey, anak lelaki mereka lahir. Rumah dengan halaman cukup luas itu menjadi tempat nyaman dalam membesarkan dan merawat si buah hati.

“Waktu itu Om sampai harus bekerja di dua tempat loh. Kerja full time di sebuah laboratorium milik seorang dokter dan satu lagi part time di rumah sakit di tempat kakak saya bekerja. Om kerja di laboratorium itu sejak baru berdiri. Dokter pemilik usaha itu mengatakan kepada Om untuk sama-sama membangun. Istilahnya seperti kerja sama begitu,” jelas Tante Swan.

Seperti halnya kerja sama yang dilakukan dalam memulai sebuah usaha (startup business) mereka berjuang bersama sejak awal, dan Hock Chuan dijanjikan profit sharing oleh sang dokter pemilik laboratorium itu, dimana tentunya akan ada pembagian keuntungan yang jelas dan adil ketika usaha itu maju dan berkembang.

Dengan memiliki ilmu dan banyak pengalaman di laboratorium sewaktu di Indonesia bukanlah hal yang mustahil bagi beliau membuat usaha itu jadi maju dan berkembang.

“Waktu di Indonesia Om pernah punya pengalaman membangun rumah sakit di Bandung dengan para dokter, bangun rumah sakit Maranatha,” sambung Tante Swan.

Seiring waktu usaha mereka berjalan sangat baik dan berkembang pesat. Dari berkantor di gedung kecil hingga pindah ke gedung kantor lebih besar. Sampailah saat dimana Hock Chuan harus bicara kepada sang dokter pemilik laboratorium soal pembagian keuntungan yang dijanjikan.

“Mana profit sharing untuk saya,” begitu tanya Om saat itu dan dijawab dengan santai tanpa rasa berdosa oleh sang dokter pemilik laboratorium; “Well, kalau kamu gak happy kerja di sini yah kamu boleh keluar.”

Mendapat jawaban tak terduga penuh dusta itu membuat hati Hock Chuan patah, berkecamuk segudang rasa. Marah, tak percaya dan kecewa dengan jawaban dari sang partner membuat Hock Chuan terpukul. Padahal, demi membangun laboratorium itu hingga berkembang dan maju beliau sampai meninggalkan pekerjaan paruh waktu-nya di rumah sakit. Hock Chuan memusatkan harapan dan impiannya di situ. Segala usaha, tenaga, waktu dan pikiran yang beliau curahkan sepenuhnya saat itu seketika lenyap tak berbekas. Impiannya terhempas.

“Kita sih waktu itu memang benar-benar nggak ngerti soal kerja sama dengan perjanjian profit sharing. Seharusnya pakai pengacara (lawyer) dan ada surat tertulis. Kita terlalu percaya hanya dengan omongan saja,” terang Tante Swan.

Karena kejadian itu Hock Chuan mengambil keputusan bulat untuk keluar dari laboratorium dan bahkan berniat pindah ke lain kota meninggalkan segala pengalaman dan kenangan pahitnya.

Yuk, kita pindah saja. Kamu mau pindah kemana? Dallas? Houston?” ajak Om kepada sang istri.

No, saya nggak mau. Kita kembali ke California saja,” jawab sang istri dengan pasti.

Seperti apa yang telah diyakini oleh Tante Swan dalam kisah perjalanan hidup ini —Jalan Tuhan itu memang luar biasa— Mereka mengerti bahwa keputusan meninggalkan Texas dan memulai kembali ke tempat impian mereka, California bukanlah hal mudah. Rintangan dan tantangan pastinya akan banyak mereka hadapi.

“Waktu itu Om berangkat ke California sendirian dengan naik mobil. Saya menunggu di rumah (Texas) hanya dengan anak saya sampai Om mendapat pekerjaan dan apartment untuk kami tinggal,” kenang Tante Swan.

“Uang yang kita kumpulkan dari Texas tidak banyak, jadi Om harus mendapatkan pekerjaan dulu di tempatnya yang baru untuk menyewa apartment,” sambungnya.

Rencana Tuhan sungguh indah dan luar biasa. Hock Chuan akhirnya mendapat pekerjaan di Encino, Los Angeles. Entah bagaimana di sana beliau mendapat pertolongan dari seseorang yang baru dijumpainya di tempat kerja itu. Seorang bule yang baik hati telah dikirim Tuhan untuk menolong. Si bule itu menawarkan beliau untuk tinggal di rumahnya.

“Mungkin dia kasihan melihat Om waktu itu karena semua barang bawaan disumpel dalam mobil, bahkan sampai ditumpuk di atas mobil. Habis mau ditaruh dimana? kan dia belum dapat apartment,” kenang tante.

Tak sampai satu bulan menumpang, dari gaji yang didapat dari tempat kerja baru itu Hock Chuan akhirnya mampu menyewa sebuah apartment. Dan kemudian segera menyuruh sang istri beserta anaknya untuk menyusul.

“Rumah di Texas kita jual murah sekali. Kita jual rugi. Saya dan anak saya kemudian terbang ke LA menyusul Om,” jelas Tante Swan.

Selesai mengatakan itu, Tante Swan menatap wajah sang suami tercinta sambil tersenyum. Ada kehangatan yang menyeruak dari moment itu. Dari kenyataan masa lalu dan masa kini yang mereka alami, mengingatkan kesadaran dan keyakinan saya tentang sebuah renungan iman; Tuhan punya rencana terhadap hidup setiap manusia. Rencana besar itu akan indah pada akhirnya jika kita mau dengan ikhlas menyerahkan hidup ini ke dalam tanganNya, hanya pada kehendakNya.

***

** Catatan redaksi:

Kisah ini akan berlanjut lebih seru dan menarik di bagian ke dua nanti. Akan ada kisah perjuangan lainnya dimana Tuhan menuntun mereka ke Bay Area dan akhirnya terbentuk WKICU.

Di tunggu yah…!!







Previous
Previous

Tertianship

Next
Next

Bersepeda Bersama Yesus