Is This God's Voice or Mine?

Is This God’s Voice or Mine?

Written by Jennie Xue, MTh, bilingual author based in NorCal

How often do you ask yourself, “Is this God’s voice or my own thoughts?". If you’re like me, probably quite often, especially whenever we need to make crucial decisions. First and foremost, let’s rephrase the question. It is better to ask, “How do we understand God in this?”; instead of affirming, “Is this God’s voice?”

Jeremiah 23:35–36 (NIV): “This is what each of you keeps saying to your friends and other Israelites: “What is the Lord’s answer?”; or “What has the Lord spoken?”; But you must not mention “a message from the Lord; again, because each one’s word becomes their own message. So you distort the words of the living God, the Lord Almighty, our God.” We shouldn’t be quick to judge a decision or an action as something that God asked us to do because we heard His voice. Why? Because if we actually did hear His voice, most likely, it was in our own mind where our thoughts also resided.

Inside our heads is an entanglement between His and ours, where the line can be quite blurry. However, there is a fine one, which is something that helps us listen to His voice. And we can hear His voice in our minds through prayers or other people, such as parish priests, friends, relatives, and strangers. Most of the time, His voice isn’t audible. However, you could listen to an audible voice like Samuel did (1 Samuel 3:1-10) and Gideon (Judges 6:17-22, 36-40).

Thus, how can we distinguish His voice amidst the noise in our heads?

First, God doesn’t contradict Himself. Any idea that comes from God always aligns with the Scripture. Thus, if you think the “voice”; asks you to do something against His teachings, you know it’s not from Him. In Psalm 89:34, God said, “Do you think I’d withdraw my holy promise or take back words already spoken?”; He will never ask you to do sinful or even hurting things to yourself or others. There is always a peaceful way to solve any issue.

Second, God doesn’t confuse us; He gives peace. Read this verse: 1 Corinthians 14:33 (NIV): “For God is not a God of confusion but of peace as in all the congregations of the Lord’s people. “God’s voice may not necessarily affirm our preferences, but it will give us deep peace.

Third, God doesn’t fuel our resentment but asks us to focus on Him. Whenever you hear a “voice” that fuels your hatred, confusion, or anger, it’s not His. God doesn’t fuel negativity but instead invites us to focus on Him through more profound prayers, reading the Bible, attending masses, or other positively peaceful and God-bound activities.

Fourth, God focuses on the heart of the issue. God doesn’t fixate on the same problem as we do. Instead, He helps us face hardships with our hearts in Him. This said the rumination in your mind isn’t His voice, so let it go.

Fifth, God may not directly answer your question. Whatever answer you’re looking for may not be directly answered, but He will guide you toward something or someone that may provide it. Psalm 119:105 says, “Your word is a lamp to my feet and a light to my path.” ; And be patient because it takes time for the answer to materialize.

Sixth, God doesn’t speak about others. He invites us to understand our hearts, not others. He wants us to focus on living our lives with faith in Him. Thus, if the “voice” in your head speaks about others, especially in negative tones, it’s certainly not God’s.

At last, may we all face the world with optimism and faith in Him. Christ always guides us in our confusion and uncertainty. For this, no uncharted territory is too scary for us to face. God be with us all.

=====

Apakah Ini Suara Tuhan ataukah Suaraku?

Ditulis oleh Jennie Xue, MTh, penulis dwibahasa yang tinggal di NorCal

Seberapa sering Anda bertanya pada diri sendiri, “Apakah ini suara Tuhan atau pikiran saya sendiri?". Jika Anda seperti saya, mungkin cukup sering, terutama di saat kita perlu membuat keputusan penting. Pertama dan yang terpenting, mari kita ulangi pertanyaannya. lebih baik kita bertanya, “Bagaimana kita memahami Tuhan dalam hal ini?”, daripada menegaskan, “Apakah ini sungguh suara Tuhan?”

Yeremia 23:35–36 (NIV): “Inilah yang selalu Anda katakan kepada teman Anda dan orang Israel lainnya: “Apa jawaban Tuhan?”; atau “Apa yang telah Tuhan katakan?”; Tetapi Anda tidak boleh menyebutkan “pesan dari Tuhan; lagi, karena kata-kata masing-masing menjadi pesan mereka sendiri. Jadi Anda memutarbalikkan firman Allah yang hidup, Tuhan Yang Mahakuasa, Allah kami.” Kita tidak boleh terburu-buru menilai suatu keputusan atau tindakan sebagai sesuatu yang Tuhan minta kita lakukan karena kita mendengar suara-Nya. Mengapa? Karena jika kita benar-benar mendengar suara-Nya, kemungkinan besar, itu ada di dalam pikiran kita sendiri di mana pikiran kita juga berada.

Di dalam kepala kita ada keterikatan antara Dia dan kita, di mana garisnya bisa sangat kabur. Namun, ada yang bagus, yaitu sesuatu yang membantu kita mendengarkan suara-Nya. Dan kita dapat mendengar suara-Nya dalam pikiran kita melalui doa atau orang lain, seperti pastor paroki, teman, kerabat, dan orang asing. Sebagian besar waktu, suaraNya tidak terdengar. Namun, Anda dapat mendengarkan suara yang terdengar seperti Samuel (1 Samuel 3:1-10) dan Gideon (Hakim 6:17-22, 36-40).

Lantas, bagaimana kita bisa membedakan suara-Nya di tengah kebisingan di kepala kita?

Pertama, Tuhan tidak bertentangan dengan diri-Nya sendiri. Setiap ide yang berasal dari Tuhan selalu sejalan dengan Kitab Suci. Jadi, jika Anda memikirkan "suara"; meminta Anda untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan ajaran-Nya, Anda tahu itu bukan dari-Nya. Dalam Mazmur 89:34, Tuhan berkata, “Apakah menurutmu Aku akan menarik janji suci-Ku atau menarik kembali kata-kata yang sudah diucapkan?”; Dia tidak akan pernah meminta Anda untuk berbuat dosa atau bahkan menyakiti diri sendiri atau orang lain. Selalu ada cara damai untuk menyelesaikan masalah apa pun.

Kedua, Tuhan tidak membingungkan kita; Dia memberi kedamaian. Bacalah ayat ini: 1 Korintus 14:33 (NIV): “Sebab Allah bukanlah Allah kekacauan, melainkan Allah damai sejahtera seperti dalam semua jemaat umat Tuhan. “Suara Tuhan mungkin belum tentu menegaskan preferensi kita, tetapi itu akan memberi kita kedamaian yang mendalam.

Ketiga, Tuhan tidak mengobarkan kebencian kita tetapi meminta kita untuk fokus pada-Nya.
Setiap kali Anda mendengar “suara” yang mengobarkan kebencian, kebingungan, atau kemarahan Anda, itu bukanlah suara-Nya. Tuhan tidak menyulut kenegatifan tetapi malah mengundang kita untuk fokus kepada-Nya melalui doa yang lebih mendalam, membaca Alkitab, menghadiri misa, atau aktivitas positif damai dan terikat Tuhan lainnya.

Keempat, Tuhan berfokus pada inti masalah. Tuhan tidak terpaku pada masalah yang sama seperti kita. Sebaliknya, Dia membantu kita menghadapi kesulitan dengan hati kita di dalam Dia.
Ini mengatakan bahwa perenungan dalam pikiran Anda bukanlah suara-Nya, jadi biarkan saja.

Kelima, Tuhan mungkin tidak langsung menjawab pertanyaan Anda. Jawaban apa pun yang Anda cari mungkin tidak langsung dijawab, tetapi Dia akan membimbing Anda menuju sesuatu atau seseorang yang mungkin menyediakannya. Mazmur 119:105 mengatakan, “Firmanmu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” ; Dan bersabarlah karena butuh waktu untuk jawaban terwujud.

Keenam, Tuhan tidak berbicara tentang orang lain. Dia mengajak kita untuk memahami hati kita, bukan orang lain. Dia ingin kita fokus menjalani hidup kita dengan iman kepada-Nya. Jadi, jika “suara” di kepala Anda berbicara tentang orang lain, terutama dengan nada negatif, itu pasti bukan suara Tuhan.

Akhirnya, semoga kita semua menghadapi dunia dengan optimisme dan iman kepada-Nya. Kristus selalu membimbing kita dalam kebingungan dan ketidakpastian kita. Untuk ini, tidak ada wilayah yang belum dipetakan yang terlalu menakutkan untuk kita hadapi. Tuhan menyertai kita semua.

Previous
Previous

Catholics Explain And Defend Mary

Next
Next

Jambore 2023