Finding Our Calling

Finding Our Calling

Jennie Xue
Bilingual author based in NorCal and Jakarta
(Original text in English)

How often do you ask yourself, “What’s my true calling in life?” Or “Is this my actual calling”
Despite our life chapters, such questions sometimes cause ripples in our minds. However, it’s hard to find the answer.

As an illustration, I’ve worn many hats in multiple jobs in Indonesia and the United States. Which one is my true calling?

First, let’s clarify what “calling” means and how it differs from “vocation”

Life calling refers to something profound, an inner driver of our actions and thought processes. It’s broad and has a holistic meaning. Of course, a “life calling” can be a profession, like a doctor or a teacher. However, it’s also a lifelong quest to either heal (for a doctor) or teach (for a teacher).

A “vocation” comes from the Latin word “vocation” which means “a call” or “summons”. This refers to primarily skilled or trained professionals, including in religious contexts, such as priests, reverends, or nuns.

The primary difference between a “calling” and a “vocation” is probably the job title after a certification training program. For a “calling”, you don’t have a specific title or training; if you love teaching, you can teach various topics to your community without becoming a certified teacher. You do need certifications to teach at primary and secondary schools, however.

Second, we often confuse passion as a “calling” or a “vocation”. Yes, passion is an essential fundamental for a calling. For instance, those passionate about sharing information and motivating others might be inclined to teach. The author, for example, has a strong inclination to share information and motivate others to be their best selves. This explains why she loves to write informative articles and how-to books.

Combining sharing and motivating with writing, she becomes a writer of various subjects, including business, social issues, health and longevity, and philosophy. However, she’s not a teacher or a lecturer, yet teaching is still her passion.

A passion fuels a calling, which may or may not turn into a vocation. When all three of them align, you’ll likely be living a joyful and meaningful life.

Third, once we’ve found our true “calling”, what should we do? Ideally, we follow and nourish it to grow and be meaningful to our and others’ lives.

If circumstances allow, discover how to turn a “calling” into a “vocation”. A passion is a gift from God, and appreciating it enough to turn it into a calling would be a blessing for all.

Remember these verses and discern upon them whenever you’re in doubt about your true calling and whether you should pursue it into a vocation.

Jeremiah 29:11 - “For I know the plans I have for you,” declares the Lord, “plans to prosper you and not to harm you, plans to give you hope and a future.”

Proverbs 16:9 - “In their hearts humans plan their course, but the Lord establishes their steps.”

Romans 8:28 - “And we know that in all things God works for the good of those who love him, who have been called according to his purpose.”

At last, may your passion lead you to a meaningful calling that can be metamorphosized into a vocation. For life. Amen.



Menemukan Panggilan Hidup

Jennie Xue
Penulis bilingual berbasis di NorCal dan Jakarta
(Terjemahan bebas ke dalam Bahasa Indonesia)

Seberapa sering Anda bertanya pada diri sendiri, “Apa sebenarnya panggilan hidup saya?” Atau “Apakah ini panggilan hidup saya yang sebenarnya?”

Meskipun ada banyak babak dalam kehidupan hidup yang kita jalani, tetap saja pertanyaan-pertanyaan seperti itu terkadang menimbulkan riak-riak di pikiran kita. Namun, sulit bagi kita untuk menemukan jawabannya.

Sebagai gambaran, saya sudah banyak bekerja di berbagai pekerjaan di Indonesia dan Amerika. Pekerjaan yang satu manakah panggilan sejatiku?

Pertama, mari kita perjelas apa yang dimaksud dengan “panggilan hidup” dan apa bedanya dengan “pekerjaan.”

Panggilan hidup mengacu pada sesuatu yang mendalam, motivasi batiniah dari tindakan dan proses berpikir kita. Itu luas dan mempunyai makna holistik. Tentu saja, sebuah “panggilan hidup” bisa juga berupa profesi seseorang, seperti dokter atau guru. Namun, bisa juga lewat profesi itu terkandung pula pencarian seumur hidup untuk menyembuhkan (untuk dokter) atau mengajar (untuk seorang guru).

Sebuah “pekerjaan” berasal dari kata Latin “vocation”, yang artinya “sebuah panggilan”. Ini merujuk terutama kepada para profesional yang terampil atau terlatih, termasuk dalam konteks keagamaan, seperti pendeta, pendeta, atau biarawati.

Perbedaan utama antara “panggilan hidup” dan “pekerjaan” mungkin adalah jabatan setelah menjalani program pelatihan sertifikasi. Untuk “panggilan hidup”, anda tidak harus memiliki gelar atau pelatihan khusus; jika Anda suka mengajar, Anda bisa mengajar berbagai macam topik ke komunitas Anda tanpa menjadi guru bersertifikat. Memang anda kemudian harus memiliki sertifikasi untuk bisa mengajar di sekolah dasar dan menengah.

Kedua, kita sering rancu dalam mengartikan minat/kegemaran sebagai sebuah “panggilan hidup” ataukah sebuah “pekerjaan”. Ya, minat dan kegemaran itu adalah dasar yang penting bagi sebuah panggilan hidup. Misalnya, mereka yang semangat berbagi informasi dan memotivasi sedangkan orang lain mungkin cenderung memilih untuk mengajar.
Sedangkan bagi seorang penulis, misalnya, mempunyai kecenderungan yang kuat untuk berbagi informasi dan memotivasi orang lain untuk menjadi pribadi mereka yang terbaik. Ini menjelaskan mengapa dia suka menulis artikel informatif dan buku petunjuk.

Dengan menggabungkan kesukaan berbagi dan kesukaan memotivasi dengan kesukaan menulis, ia menjadi penulis berbagai mata pelajaran, termasuk bisnis, masalah sosial, kesehatan dan umur panjang, dan filsafat. Namun, dia bukan seorang guru atau dosen, namun mengajar masih tetap menjadi kegemarannya.

Kegemaran memicu suatu panggilan hidup, yang mungkin saja terwujud menjadi pekerjaan atau tidak. Ketika ketiganya selaras (yakni kegemaran, panggilan hidup, dan pekerjaan), kemungkinan besar seseorang akan menjalani kehidupan yang menyenangkan dan bermakna.

Ketiga, setelah kita menemukan “panggilan hidup” apa yang harus kita lakukan? Idealnya, kita mengikuti dan memeliharanya tumbuh dan menjadi berarti bagi diri kita sendiri dan hidup orang lain.
Jika keadaan memungkinkan, temukanlah cara mengubah “panggilan hidup” menjadi “pekerjaan". Kegemaran adalah anugerah dari Ya Tuhan, dan dengan mengubahnya setidaknya menjadi sebuah panggilan hidup pun akan membuatnya menjadi berkah bagi semua.

Ingatlah ayat-ayat ini dan pahami ayat-ayat tersebut setiap kali anda ragu akan panggilan sejati Anda dan apakah Anda harus mengejarnya menjadi sebuah pekerjaan.

Yeremia 29:11 - “Sebab Aku tahu rencana-Ku untukmu,' demikianlah firman Tuhan, 'rencana untuk mensejahterakanmu dan tidak bermaksud menyakitimu, berencana memberimu harapan dan masa depan.”

Amsal 16:9 - “Dalam hatinya manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan langkahnya.”

Roma 8:28 - “Dan kita tahu, bahwa dalam segala sesuatu Allah turut bekerja untuk kebaikan orang-orang yang mengasihi Dia, yang telah dipanggil sesuai dengan tujuannya.”

Pada akhirnya, semoga hasrat Anda membawa Anda pada panggilan bermakna yang dapat bermetamorfosis menjadi sebuah pekerjaan. Untuk kehidupan. Amin












Previous
Previous

Tahukah Anda: Bulan Oktober = Bulan Maria

Next
Next

Pemilik Penginapan - Dan Perang Batinnya